SELAMAT DATANG DI BLOG SDN BEBEDAHAN 2 KECAMATAN MANGUNREJA SDN 2 BEBEDAHAN KECAMATAN MANGUNREJA KABUPATEN TASIKMALAYA: KTERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

KELAS V

KELAS V
DISKUSI

kelas V

kelas V
diskusi IPA

Minggu, 08 November 2009

KTERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH


Oleh :Dadang Ridwan, S.Pd.I





Pendahuluan
Peningkatan kualitas pendidikan dilakukan dengan menempuh berbagai upaya seperti peningkatan kapabilitas dan kompetensi kepala sekolah, guru,dan staf melalui pendidikan dan pelatihan atau penataran, penguatan kelembagaan sekolah, pengemangan EMIS(Educational Manegement Information System) Manajer merupakan satu unsur organisasi yang bertanggung jawab atas keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah di tentukan. Menurut Robbins "managers are individuals who achive goal through other people" yang berarti manajer adalah seorang dalam mencapai tujuan denga bekerja malalui orang lain.
Menurut sutisna bahwa kepala sekolah seorang manajer, maka kepala sekolah harus melaksanakan fungsi manajemen sebagai berikut1 (1) bekerja dengan, dan melalui oranglain(2) bertanggung jawab da mempertanggung jawabkan (3) dengan waktu dan sumber yang terbatas mampu menghadapi berbagai persoalan (4) berfikir secara realistis dan konseptual (5) juru penengah
Dala organisasi sekolah kepala sekolah menduduki posisi paliong atas dalam melaksanaka tugas manajemen puncak dalam menjalankan tugas-tugasnya mengorganisasikan sekolah untuk mencapai tujuan.
Keterampilan Manajerial
1. ketrampilan Konsep
Atmowideryo menjelaskan bahwa keapala sekolah mempunyai dua peran pera pertama menekankan administrasi manajerial, peran ke dua menekankan kepemimipinan pengajaran. Sejalan dengan konsep tersebut, sergiovanni, (1992:192) mengemukakan sebagaiberikut:Human skill refer the school administrator's ability to work effektively with other on a ' one to one basis and in groups setting. Isknowlledge base includes an understanding of fasility for leadershif, adult, motivation, attitude development group dynamic, human needs, morale, conflict management and the development of human resorces. Artinya hubunga manusia adalahkemampuan administrator sekolah untuk kerja secara sfektif dan efesien dengan orang perorang di dalam kelompok termasuk kecakapan kepemimipinan, motivasi orang dewasa, mengembangkan sikap, dinamika kelompok, kebutuhan manusia, moral, manajemen konflik dan pengembangan sumber daya manusia. Berdasarkan Pendapat di atas, dapat di kemukakan perilaku hubungan manusiayang di lakukan olehkepala sekolah 1. menjalin hubungankerja sama dengan para guru agar tujuan cepat trcapai 2. Menjalin komunikasi denga para guru 3. memberikan bimbingan dan bantuan dalam menyelesaikan tugas guru sebagai upaya untuk memperlancar pelaksnaan tugas guru dalam PBM 4. membangun semangat /moral kerja guru dalam melaksanakan tugas 5. Mengikutsertakan para guru dalam merumuskan pengambilan keputusan 6. tidak membebani tugas yang berlebihan pada guru.
Dapat saya simpulkan bahwa kepala sekolah sebagai manajer di lembaganya memerlukan
ketrampilan manajerial untuknkeberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang di pimpi9nnya. Ketrampilan manjerial yang di butuhkan oleh kepala sekolah meliputi 1. keterampilan konseptual 2. ketrampilan hubungan manusia 3. keterampilan teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar