SELAMAT DATANG DI BLOG SDN BEBEDAHAN 2 KECAMATAN MANGUNREJA SDN 2 BEBEDAHAN KECAMATAN MANGUNREJA KABUPATEN TASIKMALAYA

KELAS V

KELAS V
DISKUSI

kelas V

kelas V
diskusi IPA

Jumat, 10 Februari 2012

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR
DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU DALAM
MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN
           Dewasa ini masih beranggapan bahwa sekolah-sekolah baik seolah negeri maupun sekolah swasta masih rendah mutunya.Rendah mutunya seklah tersebut tentu saja banyak penybabnya, diantara penyebab-penyebab itu ialah todak tahu atau kurang diterapkannya profesionalisme dalam pengelolaan sekolah-sekolah tersebut.
B. Definisi profesionalisme
           Profesionalisme ialah suatu paham yang mengajarkan bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang profesionalisme ialah orang yang memiliki profesi. Menurut Muchtar luthfi, sesorang disebut memilki profesi bila ia memenuhi kriteria berikut ini:
  1. Profesi harus mengandung keahlian, artinya suatu profesi itu mesti dtandai oleh suatu keahlian khusus untuk profesi itu, keahlian itu diperoleh dengan cara mempelajarinya secara khusus,profesi bukan diwarisi.
  2. Profesi dipilih karena panggilan hidup dan dijalani sepenuh waktu, profesi dipilih karena dirasakan sbagai kewajiban.
  3. Profesi memiliki teori yang baku secara unifersal.
  4. Profesi dipersembahkan untuk masyarakat.
  5. Profesi harus dilengkapi dengan kecakapan diagnostik dan kompetnsi aplikasi, kecakapan dan kompetensi diperlukan untuk meyakinkan peran proesi terhadap kliennya.
  6. Pemegang profesi memiliki otonomi dalam melakuka tugas profesinya.
  7. Profesi mempunyai kode etik, yan disebut ode eti profesi
  8. Profesi harus mempunyai klien yang jelas, yaitu orang yang membutuhkan layanan
Selanjutnya Finn ( 1955) menambahkan bahwa suau profesi memerlukan organisasi profesi yang kuat, gunanya untuk memperkuat dan mempertajam profesi itu, menurut Finn suatu profesi harus mengenali jelas hubungan dengan profesi lain, pengenalan ini terutama diperlukan karena ada kalanya suatu gerakan melibatkan lebih dari satu profesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar